Image
Top
Menu
August 3, 2021

Sedang Merintis Usaha? Berikut 5 Fungsi Branding yang Wajib Diketahui!

Branding merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk menggambarkan suatu barang atau jasa dalam suatu unit usaha atau bisnis.  Membangun sebuah brand memang cukup sulit. Perlu nama dan visualisasi yang maksimal agar branding yang kita lakukan dapat dengan mudah diingat oleh konsumen.

Fungsi Branding untuk Bisnis

Terdapat lima unsur dalam branding, yaitu nama brand, logo, visual produk, dan maskot. Kelima unsur tersebut merupakan identitas yang harus dipertahankan agar bisnis kita tetap terlihat konsisten dimata publik. Intinya adalah, bisnis dengan visualisasi yang baik tentunya dapat menarik konsumen untuk melihat apa produk tersebut, bagaimana cara mendapatkannya, dan berapa harga yang harus dibayarkan.

mengenal fungsi branding perusahaan

Dari sini lah kita dapat mengetahui bahwa branding itu sangat penting dilakukan. Kenapa? Berikut ulasannya!

  1. Sebagai Identitas

Fungsi branding dalam suatu bisnis dapat dilihat dari adanya pembeda antar brands di pasaran. Misalnya, untuk sebuah produk cuci muka terdapat banyak sekali brand yang menawarkan keunggulannya masing-masing. Semua produk cuci muka tersebut dikenal dengan ciri khasnya masing-masing. Ada yang fokus untuk menghilangkan jerawat, ada juga yang berfokus untuk mencerahkan dan menutrisi kulit.

Secara kualitas memang tidak jauh berbeda, namun branding yang dilakukan oleh setiap brand telah memberikan identitas yang berbeda agar konsumen mengetahui keunggulan dari produk tersebut.

  1. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

Daya tarik konsumen merupakan hal yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Semakin banyak daya tarik, maka semakin banyak produk yang terjual. Fungsi branding ini dapat dilihat dari bagaimana konsumen dalam memilih brand.

Sebagian konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu ketika ingin membeli sebuah produk. Ada juga yang hanya melihat sekilas dan memiliki keinginan untuk produk tersebut. Oleh karena itu, branding yang dilakukan secara online maupun offline dapat memberikan daya tarik tersendiri jika kita dapat menggunakan strategi branding yang tepat dan sesuai target pemasaran.

  1. Membangun Citra Bisnis

Fungsi branding dalam pemasaran tentunya untuk membangun citra bisnis. Jika tujuan branding untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk yang kita tawarkan, maka fungsi branding bisa kita dilihat dari identitas masing-masing produk yang dapat meningkatkan citra bisnis tersebut.

  1. Membangun Loyalitas Konsumen

Ketika konsumen sudah menaruh kepercayaan terhadap produk kita, peluang bisnis mendapat konsumen yang loyal semakin tinggi. Loyalitas tersebut dapat dilihat berdasarkan history dari pembelian mereka. Konsumen yang sudah loyal cenderung akan melakukan pembelian berulang dan tidak terpengaruh pada faktor eksternal yang bertentangan dengan bisnis.

Bahkan jika harga yang ditawarkan mengalami peningkatan, maka konsumen yang loyal akan tetap memilih produk kita dibandingkan dengan produk lainnya yang lebih murah.

  1. Meningkatkan Harga Jual

Hal yang paling menguntungkan dari fungsi branding yaitu kesempatan untuk menaikkan harga. Kenaikan tersebut tidak tanpa alasan. Anda juga harus memberitahukan kepada konsumen kenapa harga dapat menjadi lebih tinggi. Mungkin salah satunya karena kualitas produk Anda semakin baik.

Selain itu, sesuai dengan poin nomor empat, jika branding sudah kita lakukan dengan baik dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen, maka perubahan harga tidak akan mempengaruhi kebiasaan membeli mereka. Hal ini dikarenakan menurut konsumen, tidak ada lagi produk yang sama seperti produk Anda. Sehingga apapun rintangannya, dan bagaimana pun cara mendapatkannya, konsumen yang loyal akan terus berada di pihak Anda.

Read more: Intip 5 Strategi Branding Ala Shopee yang Dapat Menarik Perhatian Pelanggan

Melihat semakin banyaknya persaingan bisnis di era globalisasi, branding produk sangat penting untuk dilakukan. Selain mengembangkan kualitas produk, Anda juga harus meningkatkan identitas produk tersebut melalui strategi branding yang baik juga yah!

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding