Image
Top
Menu
July 19, 2021

Intip 5 Strategi Branding Ala Shopee yang Dapat Menarik Perhatian Pelanggan

Branding strategy adalah usaha yang diupayakan bagi perusahaan untuk memperkenalkan identitas bisnis pada pelanggan. Kelebihan dari strategi branding ini yaitu kemampuannya yang dapat menempel pada hati banyak orang. Contohnya adalah branding strategy Shopee yang saat ini menduduki peringkat top 3 e-commerce di Indonesia.

strategi branding dalam branding strategy shopee

Sumber: merdeka.com

Mengintip Keampuhan Strategi Branding Ala Shopee

Siapa yang tidak tahu Shopee? Salah satu marketplace yang sedang ramai diperbincangkan oleh seluruh warga Indonesia. Banyak orang yang berbondong-bondong menginstall Shopee untuk mendapatkan penawaran dan diskon yang menarik. Strategi branding yang dilakukan Shopee ini memang patut diberi empat jempol. Karena marketing yang mereka lakukan dapat dengan mudah membuat pelanggan begitu tertarik kepadanya.

Peluang bisnis melalui digital marketing saat ini sangat besar. Pasalnya, setiap marketplace akan berusaha untuk meningkatkan traffic pengunjung tokonya. Jika saat ini Anda sedang merintis sebuah bisnis, Anda juga dapat mengutip branding yang dilakukan oleh Shopee. Berikut ulasannya!

  1. Menawarkan Banyak Program Promosi

Senjata utama yang dipakai Shopee untuk menarik pelanggan ialah sebuah promo. Diskon-diskon yang ditawarkan Shopee memang sangat memukau.

Program utama yang paling diminati oleh pelanggan yaitu diskon gratis ongkir. Meskipun nominalnya tidak besar, pelanggan tetap merasa bahwa diskon tersebut cukup membantu untuk mengurangi biaya check out.

Selain itu, strategi branding yang diberikan Shopee adalah jaminan uang kembali atau cash back. Meskipun berupa koin, koin tersebut dapat ditukarkan dengan barang yang ingin kita check out. Dalam artian, kita akan mendapatkan potongan harga. Menarik bukan?

  1. Mengikuti Banyak Event

Apakah Anda salah satu orang yang selalu mendapatkan push notification dari Shopee? Jika iya, itu adalah sebuah strategi branding yang dilakukan Shopee. Suara notifnya yang khas dapat membuat sebagian orang terngiang-ngiang oleh namanya.

Push notification yang ditampilkan oleh Shopee bertujuan untuk memberitahukan berbagai event yang wajib Anda ketahui. Misalkan, saatnya 11.11 Big Sale, Shopee akan terus memperingati Anda bahwa diskon besar-besaran ini hanya sehari saja. Apabila Anda terlewat, sayang sekali Anda tidak akan mendapatkan berbagai program diskon lainnya di hari itu.

  1. Mengikuti Tren Masa Kini

Hal yang paling unik dari Shopee adalah marketing ala ala yang sangat trendi! Shopee selalu memperhatikan traffic trend masa kini sebagai strategi branding. Jika ingin bukti, Anda bisa langsung cek konten media sosial Shopee. Mereka selalu mengikuti perkembangan tanpa terlewat.

Salah satunya adalah dengan memakai brand ambassador dari artis ternama dan yang paling hits. Bahkan untuk soundtrack  yang dipakai oleh Shopee pun juga merupakan hasil dari adaptasi konten viral lagu Baby Shark.

  1. Memiliki Target Pasar

Kunci utama strategi branding yang dilakukan oleh Shopee sebenarnya ada pada pemilihan target pasar yang jelas. Target pasar Shopee tentunya adalah perempuan. Tak heran jika barang yang dijual pada marketplace tersebut berisi barang-barang kebutuhan yang didominasi oleh kebutuhan sehari-hari perempuan.

Selain itu, hal ini dikarenakan Shopee telah menganalisis pengguna e-commerce paling banyak yaitu perempuan. Sehingga target mereka lebih terfokus.

  1. Menyediakan Fitur Unggulan

Jika Anda salah satu pengguna Shopee, pasti Anda sering menemukan fitur unggulan yang tentunya menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah Shopee Games. Fitur ini memberikan penawaran menarik berupa hadiah koin dan berbagai potongan harga di beberapa seller.

Selain itu, di Shopee Games Anda juga bisa lebih bersenang-senang. Ketika sudah merasa jenuh untuk melihat ribuan produk, Anda bisa beralih memainkan Shopee Games sampai mendapatkan koin yang banyak.

Itulah lima strategi branding yang dilakukan oleh Shopee. Jika Anda merasa masih belum mendapatkan strategi yang tepat, Anda juga bisa mencari konten terkait seperti branding strategy Wardah, dan branding strategy Samsung.

Pada dasarnya, semua pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan sudah baik dan maksimal. Akan tetapi, Anda juga bisa mengombinasikan beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh brand ternama lokal maupun Internasional agar produk Anda semakin mendunia. Tunggu apa lagi? Segera lakukan wujudkan strategi branding terbaik untuk produk Anda sekarang juga!

Submit a Comment