Image
Top
Menu
March 6, 2020

10 Template Brand Audit Checklist Dalam Bentuk PDF

Pernahkah Anda mendengar tentang brand audit?

Ya, brand audit adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan analisa secara rinci tentang persaingan dan brand atau merek yang ditawarkan ke pasar.

Brand audit inilah yang akan membantu Anda untuk melihat kekuatan dan kelemahan dari sebuah brand untuk melakukan pengembangan dan peningkatan bisnis.

Lihatlah daftar checklist brand audit yang disediakan di bawah ini dan pilih salah satu yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Brand audit adalah

vector by vectorpouch on freepik

Brand Audit Sebagai Sarana Evaluasi

Perusahaan kelas menengah ke atas biasanya akan sangat memperhatikan brand positioning dari brand mereka di pasaran. Secara berkala, mereka akan melakukan brand audit sebagai sarana evaluasi agar dapat selalu berada di posisi puncak.

Tidak perlu kecil hati ketika brand dari perusahaan Anda belum dikenal dan dipercaya secara luas oleh masyarakat yang menjadi target konsumen. Setiap perusahaan tentu membutuhkan waktu, kerja keras dan inovasi berkelanjutan untuk dapat meraih hasil yang memuaskan.

Anda dapat meghubungi kami untuk berkonsultasi

Teruslah memantau dan menganalisis kedudukan brand Anda dengan rutin melakukan brand audit.

Berikut adalah beberapa metode yang akan dibutuhkan ketika hendak melakukan kegiatan brand audit:

  • Pelajari harapan dan kebutuhan konsumen, kemudian temukan strategi yang dapat memenuhi atau setidaknya mendekati harapan dari para konsumen,
  • Tentukan posisi brand Anda di pasar melalui kinerja dari brand itu sendiri, dapat Anda dapatkan dengan wawancara singkat atau pengamatan,
  • Bandingkan semua yang dimiliki oleh brand Anda dengan apa saja yang ditawarkan dan dimiliki oleh brand kompetitor,
  • Temukan kekuatan dan kelemahan dari brand yang Anda tawarkan kepada target pasar,
  • Ketahui perkembangan tren industri saat ini dan masa mendatang sebagai bahan acuan.

Apa Tujuan Dari Brand Audit?

Seperti yang kita ketahui bersama, masyarakat sebagai konsumen cenderung lebih percaya kepada brand yang telah terbukti kualitasnya dan tentu saja terkenal dibanding kompetitor lainnya. Disinilah peran brand audit akan bekerja secara optimal. 

Tujuan dari brand audit diantaranya adalah menganalisa otentikasi kinerja brand  Anda. Setelah hasil dari brand audit keluar, Anda perlu membuat daftar semua masalah yang berhasil ditemukan untuk kemudian diselesaikan secara tepat waktu.

Perlu diingat, brand audit adalah suatu aktivitas berkelanjutan yang wajib dilakukan secara rutin.

Seperti halnya melakukan check-up kesehatan, brand audit juga perlu dijadwalkan khusus untuk  memastikan “kesehatan” brand Anda tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Download 10 Template Brand Audit Checklist Untuk Bisnis Anda

Template brand audit checklist

vector by freepik

Jika Anda membuat brand baru, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda memberikan pengalaman yang konsisten di setiap segmen pasar?

Jika Anda mengelola brand lama, Anda sudah menciptakan persepsi di pasar. Seberapa baik brand lama tersebut dalam mewakili strategi brand baru Anda?

Setelah Anda menentukan inspirasi brand, diferensiasi brand, dan penentuan posisi brand, Anda telah menetapkan kriteria pengukuran untuk mengevaluasi seberapa baik penyampaian pesan, kampanye, serta materi kreatif yang ada dalam mewakili brand Anda.

Template Brand Audit Checklist dapat menjadi panduan untuk menciptakan brand experience yang terintegrasi di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa template brand audit checklist komprehensif bagi Anda yang perlu melakukan tinjauan, penyegaran bahkan penggantian terhadap sebuah brand bisnis Anda:

  1. Brand Audit Checklist (Download)
  2. Digital Brand Audit Checklist (Download)
  3. Communication Brand Audit Checklist (Download)
  4. Marketing Brand Audit Checklist (Download)
  5. Employer Brand Map & Checklist (Download)
  6. Logo Brand Audit Checklist (Download)
  7. Brand Touch Point Audit Checklist (Download)
  8. Branding Audit Checklist (Download)
  9. DIY Brand Audit Checklist (Download)
  10. Analytics Checklist Re-Branding (Download)

Mengapa Brand Audit Penting?

Brand Audit membantu bisnis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya, membangun kemungkinan untuk pengembangan, dan menemukan cara baru untuk membantu bisnis tetap konsisten dan bergerak maju. Ini juga membantu untuk mempelajari bagaimana Anda dapat memfokuskan gambar Anda sehingga Anda menonjol di antara lawan Anda.

Brand audit membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya, membangun kemungkinan untuk pengembangan, dan menemukan cara baru untuk membantu bisnis tetap konsisten dan bergerak maju. Ini juga membantu untuk mempelajari bagaimana dapat memfokuskan brand Anda sehingga dapat lebih menonjol di antara pesaing lainnya.

Anda mungkin tertarik membaca: 5 PERTANYAAN YANG HARUS DIJAWAB SEBELUM MEMBUAT BRAND STRATEGY

Apa Yang Terlibat Dalam Brand Audit?

Brand audit dapat menyelidiki branding internal seperti penentuan posisi, nilai brand, budaya, USP, dan lain-lain. Sedangkan branding eksternal juga dapat dikenali sebagai logo dan komponen brand atau merek tambahan seperti situs web, iklan, SEO, media sosial, sponsor, berita, pemasaran konten, dan sebagainya.

Manfaat Menggunakan Template Brand Audit Checklist

Demi memudahkan proses analisa merek, Anda dapat mengunduh beberapa template brand audit checklist seperti yang ada pada bagian atas artikel ini. Meskipun nantinya tidak diaplikasikan sama persis, namun setidaknya template brand audit checklist dapat menjadi referensi yang baik dan lebih menghemat waktu Anda.

Ketika sudah memiliki template brand audit checklist, Anda bisa melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya seperti membangun brand personality, membuat strategi brand management, dll. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk memulai proses analisis brand atau merek secara lebih detail dan mendalam?

Semoga bermanfaat! Mari berdiskusi pada kolom komentar di bawah!

Submit a Comment