Image
Top
Menu
August 2, 2021

7 Cara Membuat Nama Brand Bisnis  Agar Lebih Menarik!

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan strategi branding yaitu dengan menentukan nama brand. Untuk menentukannya tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nama yang Anda inginkan tidak pasaran dan mudah diingat oleh konsumen.

Beberapa nama brand terkenal yang sudah melakukan branding secara global diantaranya adalah Nike, Adidas, Hermes, dan masih banyak brand lainnya. Strategi  branding yang mereka lakukan tersebut pun salah satunya dengan memperhatikan kualitas dari nama brand.

Jika saat ini Anda masih kesulitan membuat nama pada bisnis Anda, berikut tujuh cara agar brand kamu terlihat lebih menarik!

  1. Mencerminkan Produk Bisnis Anda
nama brand bisnis

Sumber: pexels.com

Brand yang kita pasarkan harus bisa menggambarkan bisnis kita. Pemilihan nama tersebut juga harus sesuai dengan target pasar Anda. Apabila bisnis Anda saat ini adalah kebutuhan dapur, maka target Anda adalah perempuan karena produk tersebut merupakan barang yang sering dibutuhkan oleh perempuan.

Oleh karena itu, nama yang dapat Anda pakai misalnya “Ground Kitchen”. Nama ini akan lebih cocok dibanding “Ground Gear” yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhan dapur karena kata “Gear” lebih cocok untuk bisnis automotif.

  1. Buatlah Nama dengan Maksimal 3 Suku Kata
membuat nama brand

Sumber: pexels.com

Dalam menyusun sebuah strategi untuk membuat nama brand, harus dapat menyesuaikan deskriptif yang ingin ditonjolkan. Apakah berdasarkan fungsionalitas, hobi, kemewahan, inovasi, maupun kenyamanan.

Pastikan nama tersebut tidak terlalu panjang. Satu sampai tiga kata sudah sangat mewakili. Misalnya Facebook yang terdiri dari kata Face&book, dan Google yang terdiri dari Goo&Gle.

  1. Hindari Singkatan

Nama brand yang menarik sebaiknya tidak menggunakan singkatan. Karena bagi konsumen yang pertama kali mengetahuinya akan kebingungan.

  1. Nama Brand Unik
cara membuat nama brand

Sumber: pexels.com

Pilihlah nama yang kedengarannya unik dan singkat. Cara agar konsumen dapat dengan mudah mengingat suatu brand adalah dari keunikan nya. Misalnya, brand NIKE merupakan nama yang diambil dari mitologi asal Yunani. Nama ini unik dan kreatif. Selain itu, maknanya pun memancarkan aura yang positif.

  1. Memiliki Makna yang Baik

Makna dalam setiap brand harus bersifat positif. Karena nama ini akan mempengaruhi bisnis yang sedang Anda jalankan. Bisa dibilang, nama mengandung makna yang berarti harapan dan doa. Dibalik nama yang baik, terdapat sebuah harapan yang sedang dinantikan oleh perusahaan. Tentunya berharap agar bisnis tersebut berkelanjutan dan dapat berjalan dengan baik.

  1. Mudah untuk Diucapkan dan Didengar
cara membuat nama brand bisnis yang menarik

Sumber: pexels.com

Nama brand yang menarik adalah nama yang paling mudah diucapkan dan enak didengar. Hal ini bertujuan agar brand Anda lebih mudah dicerna oleh konsumen pada umumnya. Jangan sampai Anda menggunakan nama-nama yang sulit untuk diucapkan, seperti penggunaan bahasa asing.

Jika Anda ingin menggunakan bahasa asing, pilihlah kata yang mudah diucapkan bagi semua orang, dan mudah didengar.

  1. Belum Ada yang Memakainya
cara membuat nama brand bisnis

Sumber: pexels.com

Bagaimana jika Anda sudah memikirkan nama yang paling bagus, ternyata nama tersebut sudah ada yang memakainya? Tentu hal ini akan membuat Anda pusing dua kali karena harus memikirkan kembali nama yang dapat dijadikan sebagai merek atau brand Anda.

Membuat brand yang menarik memang cukup sulit. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Untuk mengetahui apakah nama tersebut sudah dipakai atau belum, Anda dapat mengeceknya di google search engine.

Tidak sedikit perusahaan dengan nama yang sulit diingat mengalami kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah kemajuan dalam berbisnis tergantung pada strategi branding yang Anda lakukan. Meskipun begitu, memiliki nama brand yang unik dapat menjadi kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Read more: Branding Agency Sebagai Bagian Pengelolaan Brand Perusahaan Anda

Pastikan tujuh cara diatas dapat menjadi acuan bagi Anda untuk mendapatkan brand yang menarik dan menjual sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding