Image
Top
Menu
July 28, 2021

5 Alasan Pentingnya Branding Guidelines Untuk Bisnis Anda!

Membangun usaha atau bisnis memang memerlukan usaha yang tidak sedikit. Tak heran bila banyak sekali entrepreneur yang mengeluarkan banyak uang, tenaga, dan pikirannya. Perkembangan bisnis saat ini berorientasi pada citra brand tersebut. Semakin banyak masyarakat yang mengenal brand Anda, maka peluang Anda mendapatkan profit pun semakin tinggi. Pentingnya brand bisnis tersebut dapat Anda perhatikan melalui branding guidelines.

Branding guidelines adalah sebuah pedoman yang terdapat aturan untuk komposisi, desain, dan tampilan umum lainnya yang berhubungan dengan visualisasi. Elemen-elemen ini mendukung dalam pembentukan brand identity. Seperti guidelines lainnya, branding guidelines diciptakan sebagai referensi brand agar tetap konsisten secara berkelanjutan.

Pentingnya Branding Guidelines Untuk Keberlangsungan Bisnis

pentingnya branding guidelines

Sumber: pexels.com

Untuk memahami lebih dalam terkait brand guidelines, berikut lima alasan pentingnya brand guidelines yang wajib Anda ketahui!

  1. Memiliki Standar yang Konsisten

Terciptanya sebuah pedoman tentunya dapat dijadikan sebagai referensi yang dapat diikuti. Branding guidelines bertujuan untuk memberikan standar agar desain dalam digital marketing ataupun pemasaran secara offline memiliki satu tema yang menyeluruh. Baik itu, dari segi konsep, warna, jenis tulisan, karakteristik suara, dan lain sebagainya.

Standar ini akan menjadi konsistensi bagi identitas perusahaan. Konsistensi ini penting untuk memudahkan brand produk Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

  1. Meningkatkan Nilai Produk

Ketika identitas brand sudah terbentuk dan dapat dipercaya, maka branding guidelines tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan value bisnis Anda. Masyarakat atau calon pelanggan akan beranggapan bahwa bisnis Anda sangat profesional dan reliable.

Hal ini dikarenakan brand guidelines dapat membantu Anda untuk mempertahankan kualitas dan integritas dari produk Anda.

  1. Dapat Selalu Diingat Oleh Masyarakat

Branding guidelines juga berguna untuk meningkatkan brand awareness secara efektif. Referensi desain logo, tagline, dan yang lainnya dipastikan tidak akan mengubah standar yang mengakibatkan masyarakat merasa familiar dengan produk Anda.

Masyarakat akan lebih mudah percaya apabila produk atau brand tersebut sudah pernah mereka jumpai dan dapat dengan mudah menjumpainya. Beda hal nya jika, tiba-tiba Anda mengganti logo atau pun mengubah konsep maka masyarkat pun akan bertanya-tanya. Apabila Anda melakukan hal tersebut sebagai re-branding seperti Go-Jek yang mengubah logo, Anda bisa segera merumuskan alasan dan filosofi baru terkait perubahan tersebut.

  1. Sebagai Strategi Branding Produk Bisnis Anda

Dalam melakukan strategi branding, bukan hanya kepada masyarakat sebagai calon pelanggan saja. Anda juga harus melakukan branding dengan relasi bisnis.

Brand guidelines berguna untuk melakukan strategi branding secara konsisten. Sehingga semakin konsisten, maka pelanggan pun akan lebih loyal.

  1. Brand yang Top of Mind

Apakah Anda ingin brand menjadi lebih top of mind? Jika iya, melakukan strategi branding yang tepat memang sudah seharusnya Anda lakukan. Oleh karena itu, membuat guidelines juga sangat penting agar dapat mendorong bisnis Anda lebih konsisten dan fleksibel dalam situasi apapun.

Itulah lima alasan penting yang wajib kamu ketahui terkait brand guidelines. Kunci utamanya adalah konsistensi. Bagaimana caranya? Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengumpulkan inspirasi. Kemudian tentukan elemen penting seperti logo, warna, jenis tulisan, gambar utama/maskot, karakter, dan brand story. Setelah itu Anda dapat membuat pedoman untuk semua produk dengan ciri khasnya masing-masing, dan langkah yang terakhir yaitu dengan membuat outline terkait elemen-elemen yang ada di pedoman Anda.

Read more: Tahapan Branding, Langkah Tepat Membangun Brand yang Kuat

Alasan penting tersebut merupakan manfaat yang akan didapatkan ketika bisnis Anda memiliki guidelines. Melakukan branding perlu sebuah pedoman sehingga brand kita akan terlihat lebih konsisten dan profesional.

Yuk, tingkatkan bisnis Anda bersama agensi branding profesional, Becakmabur sekarang juga!

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding