Image
Top
Menu
July 22, 2021

5 Strategi Branding Café yang Wajib Anda Ketahui!

Saat ini, peluang bisnis kuliner menjadi semakin kompetitif. Salah satunya yaitu bisnis café.

Bagi para penikmat senja, biasanya akan lebih sering berkunjung ke café walau hanya sebatas menikmati suasana dan menyeruput secangkir kopi. Namun, semakin hari, bisnis cafe sudah semakin banyak. Hingga para pelanggan pun tertarik untuk menjajagi semua café yang ada di sekitarnya.

branding café

Sumber: pexels.com

Tips Membuat Strategi Branding Café

Jika saat ini Anda sedang merintis bisnis café, melakukan branding café Anda adalah hal yang penting. Dalam hal ini Anda harus memiliki target. Target tersebut berupa sebutan yang ingin orang-orang tanamkan dalam pikirannya terhadap café Anda. Apakah Anda ingin pelanggan lebih memperhatikan kualitas rasa? Atau kah suasana di dalam café? Dan hal lainnya yang harus Anda pikirkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui strategi branding café yang benar. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini!

  1. Jadikan Café Sebagai “Rumah”

strategi branding café

Sumber: pexels.com

Hal yang paling penting daripada yang lainnya adalah sebuah “kenyamanan”. Ketika pelanggan sudah merasa nyaman, maka mereka pun akan tertarik untuk datang kembali.

Strategi yang dapat Anda lakukan ialah dengan membuat desain interior dan eksterior café yang sesuai dengan target pelanggan. Hal yang perlu Anda perhatikan kembali ialah konsep yang dapat memberikan karakter dari café dan pelanggan. Jangan lupa juga, piring, gelas, meja, cahaya, dan yang lainnya mempengaruhi rasa nyaman pelanggan dalam café Anda.

Kenyamanan pelanggan dapat dilihat berdasarkan value dari branding café yang Anda berikan. Jadikan lah café Anda sebagai “Rumah” yang dapat memberikan pelanggan rasa nyaman untuk beraktivitas, berkumpul dengan teman-teman atau keluarga, atau pun mengadakan acara bersama teman kantor.

  1. Unique Selling Point (USP)

tips membuat strategi branding café

Sumber: pexels.com

Strategi USP dapat Anda lakukan dengan memperhatikan “apa yang Anda miliki dan tidak dimiliki orang kompetitor Anda”. Dalam artian Anda harus memperhatikan detail yang dapat membedakan café Anda dengan café yang lainnya.

Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan meningkatkan salah satu kualitas dari menu yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa membuat dekorasi interior Anda lebih fotogenik sehingga pelanggan akan lebih tertarik untuk datang ke café Anda walau hanya untuk foto. Meskipun begitu, kekuatan media sosial dari sebuah tag foto tersebut dapat mengundang pelanggan lainnya untuk berkunjung.

  1. Target Pelanggan

5 strategi branding café

Sumber: pexels.com

Strategi branding café yang satu ini sudah menjadi ciri khas dalam dunia marketing. Melakukan targeting pelanggan sangat dianjurkan agar pemasaran Anda tidak salah sasaran. Misalnya, café Anda fokus kepada kalangan kelas menengah ke atas, namun Anda menempatkan café di lokasi yang tidak sesuai. Otomatis, calon pelanggan akan insecure untuk mengunjungi café Anda.

Beda halnya jika Anda menargetkan pelanggan Anda adalah remaja pada umumnya, Anda bisa menyesuaikan dekorasi dan menu yang trendi.

  1. Promosi Media Sosial

promosi di sosial media untuk branding cafe

Sumber: pexels.com

Strategi branding café bukan hanya dari mulut ke mulut saja. Melakukan branding di sosial media juga sangat diperlukan. Apalagi saat ini kita berada di era globalisasi. Dijamin deh pelanggan kamu akan lebih banyak bersumber dari sosial media!

  1. Kolaborasi

kolaborasi untuk branding cafe

Sumber: pexels.com

Membangun sebuah brand agar dikenal oleh masyarakat lebih luas tidak bisa dilakukan secara mandiri. Anda juga memerlukan sebuah kolaborasi yang dapat memberikan keuntungan satu sama lainnya.

Read more: Branding, Mengapa Merek Sangat Penting

Melakukan upaya branding memang cukup sulit. Akan tetapi jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, maka hasil yang akan kita dapat pun akan sesuai. So, jangan takut gagal dalam berbisnis. Mulailah untuk re-branding café Anda bersama branding Agency Becakmabur sebaik mungkin!

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding