Image
Top
Menu
July 30, 2021

5 Cara Meningkatkan Personal Branding untuk Bisnis

Personal branding adalah bagian dari karier seseorang. Manfaat yang akan didapatkan ketika personal branding  diri sendiri berhasil yaitu kepercayaan, relasi yang lebih luas, kredibilitas, dan authenticity.

Seseorang yang memiliki tingkat personal branding tinggi, biasanya lebih mudah mendapatkan kepercayaan dalam bisnisnya. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan dari setiap individu, kelompok, maupun organisasi terhadap bisnis kita.

Seringkali kita menjumpai banyak bisnis yang perlahan maju dari titik terendah. Kemajuan bisnis mereka bukan hanya didasari oleh strategi branding produknya saja, melainkan dibantu oleh kekuatan dari personal brand.

Kekuatan tersebut memang jarang sekali dimiliki oleh semua orang. Anda harus menjadi seseorang yang dapat menarik perhatian konsumen agar mereka mau mempercayai Anda dan bisnis Anda. Seperti halnya seorang public figure yang lebih mudah memasarkan bisnis mereka secara cepat.

cara meningkatkan personal branding untuk bisnis

Sumber: pexels.com

Cara Meningkatkan Personal Branding

Bagaimana sih caranya agar mendapatkan personal branding yang kuat? Berikut ulasannya!

  1. Percaya Diri

Cara membangun personal branding yang pertama ini harus didasari oleh tingkat percaya diri. Percaya diri ini menjadi kunci untuk menampilkan kelebihan-kelebihan yang Anda miliki untuk mencerminkan siapa diri Anda, Bagaimana Anda bekerja, Hal apa yang paling memotivasi Anda, dan yang lainnya.

  1. Bangun Networking dan Berkolaborasi

Networking memiliki peran yang sangat penting dalam membangun personal branding. Melalui networking, Anda akan mendapatkan banyak relasi baru seperti klien, investor, mentor, bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Ketika Anda memiliki kesamaan visi dan misi dari relasi-relasi baru yang Anda temui, bangunlah sebuah kolaborasi. Dengan berkolaborasi, Anda akan mendapatkan partner untuk terus berkembang, khususnya dalam sebuah bisnis.

  1. Publikasi Citra Diri Anda

Cara termudah yang dapat Anda lakukan secara online, yaitu dengan melakukan publikasi terkait diri Anda sesuai dengan portofolio. Selain itu, Anda dapat menggunakan cara lainnya seperti publikasi buku Anda, artikel, video, dan yang lainnya untuk meningkatkan kredibilitas yang Anda miliki.

Anda juga bisa mencoba untuk mempublikasikan report atas kegiatan yang telah Anda lakukan. Berikan review positif dan buat cerita semenarik mungkin. Sehingga para pembaca mudah memahami bagaimana pola pikir Anda. Namun, Anda juga harus menjaga citra diri untuk terus memancarkan aura positif.

  1. Sering Berbicara di Depan Audiens

Ketika personal branding Anda perlahan-lahan mulai terbentuk, Anda akan diundang oleh beberapa event untuk menjadi pembicara. Jangan pernah melewatkan tawaran ini, karena dari sini lah Anda akan lebih dikenal secara luas.

Selain itu, berbicara di depan audiens memberikan kesempatan emas untuk Anda melakukan promosi bisnis. Tentunya, bukan hanya personal Anda saja yang akan meningkat, brand bisnis Anda pun akan ikut di kenal oleh audiens.

  1. Bangun Brand Anda

Apakah Anda sudah siap untuk membangun brand bisnis? Ini lah saatnya Anda memanfaatkan kredibilitas yang Anda miliki untuk memberitahukan followers Anda terkait bisnis yang sedang Anda jalankan.

Jangan lupa juga untuk membangun personal image dan meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap Anda. Hal ini diperlukan agar brand bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. Walaupun hanya melalui kabar angin, mendapatkan satu pelanggan baru sudah menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang pebisnis.

Read more: Pengetahuan Dasar Tentang Branding

Kesimpulannya adalah personal branding sangat mempengaruhi bisnis Anda. Sebab dimana pun Anda berada, memiliki relasi dan berkolaborasi adalah hal yang penting untuk meningkatkan peluang bisnis. Sudah siap membangun personal branding? Yuk, konsultasikan sekarang juga bersama Becakmabur!

Submit a Comment