Image
Top
Menu
June 21, 2016

Branded Itu Apa?

Sering kita mendengar kata branded. Seperti tas branded, sepatu branded, atau barang barang branded. Tapi sebenarnya, apa sih “branded” itu?

20131030-022157.jpg

Branded berasal dari kata BRAND yang sebenarnya jika diartikan dalam 1 kata adalah karakter. Namun dalam hal ini, brand digunakan sebagai pengganti kata MEREK, sehingga kata BRANDED dalam frasa kata Tas branded atau baju branded berarti BERMEREK. Penggunaan kata branded dalam kata Tas Branded misalnya, maksudnya adalah Tas dengan merek buatan luar negeri.

Merek Lokal juga mampu menjadi BRANDED

Masyarakat umum telah melebarkan maksud atau fungsi produk itu sendiri, dan menggunakan value-value tak terlihat dalam produk, yaitu brand. Namun sayangnya, masih banyak yang bangga menggunakan produk bermerek luar negeri dan dengan bangga menyebutkan dirinya menggunakan produk branded.
Lalu apakah brand lokal tidak pantas disebut “produk branded”? Nah, ini menarik, karena penggunaan kata “branded” ini netral, jadi tidak melulu harus brand dari luar negri.
Dalam industri fashion, kita dapat jumpai brand-brand seperti The Executive, Zoya, Riamiranda, Webe, Lea, Eiger, Tomkins dan masih banyak lagi. Mereka sudah dapat mensejajarkan diri dengan istilah “branded”.

Karakteristik Branded
Branded, sebagaimana telah dijabarkan diatas, ternyata hanyalah opini dan atau asumsi publik dimana diyakini oleh sebagian orang di sekmentasi pasar tertentu. Dan dapat dirasakan pula, produk branded memiliki karakteristik tertentu:
Mass production
Mass communication
Multi Distribution channel
Usia brand
Unggul di kategorinya
Segmentasi Pasar di Kelas Menengah dan Atas
Ada Unsur Kebanggaan

Ada yang ingin menambahkan? Mari berdiskusi di kolom komentar dibawah ini.

 

 

Comments

  1. eMGoen

    Brand selain opini dan asumsi publik, juga persepsi dan bermisi psikologis. Seseorang akan dipersepsikan pada strata tertentu sbg akibat nge-brand A, B maupun C. Pun, ia menjadi lbh confid di lingkungan pergaulannya bahkan sangat mgkn mjd minder manakala kalah kelas brand (padahal hanya menurut persepsi yg disepakati di lingkungan itu)… CMIIW

  2. HAFIDZ KONVEKSI

    Ada tips khusus memilih baju branded yang bagus dan berkualitas? Mohon informasinya terimakasih

    • Becakmabur Brand

      untuk itu tetap harus jeli dalam hal material, karena brand yang membangun reputasi tentu tetap menggunakan dan menjaga agar produknya bagus dan berkualitas.

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding