Image
Top
Menu
December 29, 2017

Pengertian Inkubator Bisnis

Dalam satu dekade terakhir, tren inkubator bisnis di Indonesia kian mengalami perkembangan. Ada berbagai konsep dan program inkubasi yang ditawarkan inkubator bisnis Indonesia untuk tiap calon wirausahawan yang mempunyai ide bisnis potensial. Inkubator bisnis ini bertujuan untuk mendukung serta mempercepat keberhasilan para pengusaha pemula. Hanya saja, masih banyak pemula yang belum mengetahui inkubator bisnis tersebut.

Pada umumnya, banyak juga pemula yang kurang memahami perbedaan antara inkubator bisnis dengan akselerator bisnis. Dengan fungsi dan layanan yang serupa, namun nyatanya kedua program tersebut sangatlah berbeda. Untuk akselerator bisnis itu sendiri memiliki ciri khas seperti ukuran serta kualitas dari jaringan mentoring, memfasilitasi pendanaan ke modal di masa depan, tekanan dan disiplin. Sementara untuk pengertian inkubator bisnis Indonesia, anda simak saja ulasannya dibawah ini.

Pengertian Inkubator Bisnis Indonesia

Inkubator bisnis berwujud dukungan bisnis untuk mempercepat kesuksesan pengembangan startup serta perusahaan pemula dengan cara menyediakan berbagai sumber daya serta layanan yang dibutuhkan kepada para pengusaha. Layanan yang ditawarkan ini umumnya dikembangkan atau diatur oleh manajemen inkubator serta ditawarkan baik dalam inkubator bisnis itu sendiri dan melalui jaringan milik inkubator bisnis. Hal ini dijelaskan dalam NBIA (National Business Incubator Association).

Sementara pada thesis 2012 yang berjudul “The ‘Business Accelerator’: Just a Different Name for a Business Incubator?”2 terdapat penjelasan bahwa inkubator bisnis memiliki tujuan utama untuk menciptakan lingkungan bisnis yang menguntungkan. Keuntungan ini diperuntukkan bagi perusahaan startup guna mengkompensasi kurangnya keuangan, pengetahuan, serta jaringan sumber dayanya. Secara singkat, inkubator bisnis menyediakan ruangan kantor, layanan administrasi, peralatan penunjang, dan layanan operasional bisnis lainnya.

Lain halnya jika ditinjau secara umum, inkubator bisnis adalah lembaga yang menaungi startup (perusahaan baru) dengan cara memberi suntikan dana, fasilitas, hingga pembinaan-pembinaan dengan harapan startup tersebut akan sukses. Namun tidak sembarang pemula bisa masuk ke inkubator bisnis, umumnya akan diadakan kontes ide bisnis yang pemenangnya bisa masuk ke dalam startup binaan inkubator tersebut.

Inkubator Bisnis Indonesia Terbaik

Supaya bisnis yang ingin anda realisasikan bisa berjalan lancar, anda harus memilih inkubator bisnis Indonesia yang terpercaya. Hal pertama yang perlu anda perhatikan ialah modal. Inkubator bisnis biasanya akan menurunkan modal dalam beberapa term, seperti dana turun dalam wujud infrastruktur, misal kantor dan internet gratis.

Term selanjutnya ialah dana operasional turun setelah progress produk jadi sampai sekitar 50%. Pada umumnya, dana operasional ini turun untuk membeli kebutuhan infrastruktur. Adapun term yang ketiga ialah dana besar akan turun setelah anda bisa menunjukkan bahwa produk ini dapat terjual. Dalam hal ini, anda bisa bergabung bersama kami. Kami telah dikenal sebagai inkubator bisnis Indonesia terbaik dan terpercaya.

Submit a Comment