Image
Top
Menu
August 22, 2019

Mengenal Laporan Berkelanjutan Perusahaan Atau Sustainability Report

Berasal dari kata dasar sustainable, sebuah bisnis tentu harus mempersiapkan aktivitas jangka panjang yang berkelanjutan. Pada kenyataannya setiap bisnis, organisasi, maupun perusahaan pasti akan membutuhkan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Untuk itu perusahaan harus memahami betul konsep dasar dari laporan berkelanjutan atau sustainability report ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada publik dan lingkungan alam sekitar.

Memasuki era digital yang semakin memicu pertumbuhan ekonomi global, ternyata banyak pula perusahaan-perusahaan besar yang mengalami penurunan kinerja bahkan berimbas pada kebangkrutan. Keberadaan pasar yang kian cepat menimbulkan dinamika ekonomi yang menantang. Perusahaan-perusahaan harus selalu siaga dalam menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan (sustainable growth). Saat ini perusahaan tidak boleh hanya terpaku pada kecepatan semata, akan tetapi juga pada kemampuan daya tahan untuk bersaing dalam jangka panjang. Perjalanan bisnis tentu bukan perihal hari ini saja, tetapi juga hari esok dan akan terus berjalan secara berkelanjutan.

Baca Juga : Pengertian Growth Hacking

Kewajiban Pembuatan Laporan Keberlanjutan Dari Pihak Otoritas Jasa Keuangan

Pentingnya menjaga keselarasan antara dunia ekonomi, sosial dan lingkungan agaknya menjadi permasalahan yang ditanggapi serius oleh pemerintah Indonesia melalui lembaga Otoritas Jasa Keuangan. Sebuah peraturan baru telah dicetuskan, yaitu kewajiban bagi beberapa perusahaan untuk menyertakan laporan keberlanjutan (sustainability report) bersamaan dengan pembuatan laporan tahunan (annual report). Untuh tahun 2019, BUKU 3, BUKU 4, dan Bank Asing menjadi perusahaan-perusahaan yang wajib membuat sustainability report. Sedangkan untuk tahun 2020 adalah BUKU 1, BUKU 2, Asuransi, Permodalan, BPJS, dan Emiten.

Bukan tanpa alasan, peraturan ini dibuat sebagai dukungan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan antara lain untuk menjamin keutuhan dan keselamatan lingkungan hidup, kemampuan, kesejahteraan, serta mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan. Sebagai negara berkembang, Indonesia masih memiliki isu kesenjangan sosial dan letak geografis yang terpapar resiko perubahan iklim. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan pengelolaan dan pencegahan resiko sosial dan lingkungan demi menjaga stabilitas ekonomi perusahaan dan kelestarian alam yang lebih baik.

Jasa Pembuatan Laporan Berkelanjutan Terbaik dan Terpercaya

Laporan Berkelanjutan Perusahaan by Sooca Design

Untuk dapat mewujudkan bentuk laporan berkelanjutan yang informatif dan mudah dipahami tentu bukanlah perkara yang mudah. Butuh keahlian khusus untuk membuat susunann gambaran visual yang menarik namun tidak melupakan detail informasi yang harus dimuat di dalamnya. Sebagai desain agensi terbaik dan terpercaya, Sooca Design menawarkan jasa pembuatan laporan berkelanjutan bagi perusahaan Anda. Dikerjakan oleh tim profesional dengan memperhatikan ketepatan waktu, Sooca Design akan membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda melalui desain laporan berkelanjutan yang berkualitas prima. Tinggalkan balasan pada artikel ini atau klik pada bagian kontak berikut.

KONTAK

Submit a Comment