Image
Top
Menu
August 22, 2019

Jasa Pembuatan Laporan Berkelanjutan Tahun 2019

Salah satu cara untuk mengkomunikasikan kepentingan perusahaan mengenai kinerja lingkungan, sosial dan ekonomi secara terbuka kepada pemangku kepentingan (stakeholders) dan masyarakat adalah dengan menggandeng jasa pembuatan laporan berkelanjutan. Ditambah, terhitung sejak tahun 2019 Otoritas Jasa Keuangan telah menetapkan kebijakan baru perihal kewajiban pembuatan laporan berkelanjutan bagi beberapa perusahaan atau organisasi.

Dulunya, pengungkapan Sustainability Reporting di Indonesia masih sebatas bersifat sukarela (voluntary). Meski sempat bersifat sukarela, hampir 9% perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Jakarta (BEI) sudah menerbitkan sustainability report. Penerbitan laporan berkelanjutan yang ada di Indonesia saat ini sebagian besar berdasarkan standar pengungkapan yang ada dalam Global Reporting Index (GRI). Hingga akhir tahun 2016, telah tercatat ada sebanyak 49 perusahaan listing BEI yang sudah menerbitkan laporan berkelanjutan.

Sedangkan untuk lembaga jasa keuangan, tercatat sebanyak 12 LJK yang telah menerbitkan sustainability report. Kedua belas LJK tersebut terdiri atas 8 bank BUKU 3 dan bank BUKU 4. Selain perusahaan listing, perusahaan non listing juga beberapa sudah melakukan pembuatan laporan berkelanjutan. Maka dari itu, penting bagi para pengusaha untuk segera mencari jasa pembuatan laporan berkelanjutan yang profesional dan ahli di bidangnya, mengingat 2019 sudah memasuki pertengahan tahun yaitu bulan Agustus.

Memilih Jasa Pembuatan Laporan Berkelanjutan Terbaik

Jasa Pembuatan Laporan Berkelanjutan Terbaik

Selain dikarenakan kebutuhan publikasi kepada pihak stakeholders dan publik, pembuatan sustainability report juga dapat menunjukkan aktivitas keberlanjutan dari sebuah perusahaan. Hal ini tentu dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan sehingga memperoleh kepercayaan yang lebih besar dari para investor. Sayangnya, pembuatan sustainability report membutuhkan keahlian khusus yang tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Terlebih, hasilnya nanti akan dilihat oleh publik secara luas sebagai representasi dari perusahaan. Maka dari itu Anda bisa menyewa jasa pembuatan laporan berkelanjutan yang terbaik di bidangnya. Proses pengerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Dan berikut adalah beberapa tips dalam memilih jasa pembuatan laporan berkelanjutan yang tepat untuk perusahaan:

Memiliki Pengalaman dan Keahlian Mumpuni

Pengalaman dan keahlian merupakan syarat mutlak bagi sebuah agensi untuk dapat menyediakan jasa pembuatan laporan berkelanjutan yang terbaik. Contohnya adalah Sooca Design. Tim Sooca telah mengantongi lebih dari 5 tahun pengalaman dalam bidang desain laporan annual report dan sustainability report. Keahlian tim penulis, desainer dan project manager Sooca Design tidak lagi diragukan.

Memiliki Tim Lengkap dan Profesional

Tips kedua dalam memilih jasa pembuatan laporan berkelanjutan terbaik adalah dengan melihat kelengkapan tim dan layanan yang disediakan. Semakin lengkap dan profesional tim yang dimiliki oleh agensi desain tersebut, maka semakin efisien pula proses pengerjaan desain laporan berkelanjutan milik perusahaan Anda. Mulai dari desainer grafis, penulis dengan pemahaman GRI, serta project manager yang mengawasi dari awal hingga hasil cetak akhir keluar pun telah dimiliki oleh Sooca Design.

Memiliki Kemampuan Berkomunikasi Optimal

Kunci dari kesuksesan kerjasama antara pihak agensi dengan perusahaan adalah kemampuan berkomunikasi yang optimal. Dikarenakan banyak detail informasi yang harus tersampaikan, maka sebisa mungkin pihak penyedia jasa pembuatan laporan berkelanjutan harus meminimalisir terjadinya miss komunikasi diantara kedua belah pihak. Sehingga hasil akhirnya pun dapat sesuai dengan keinginan serta kebutuhan perusahaan Anda.

Untuk informasi penawaran jasa pembuatan laporan berkelanjutan terbaik dari tim Sooca Design, Anda dapat menghubungi tim marketing kami melalui kontak berikut ini.

KONTAK

Submit a Comment