Image
Top
Menu
February 22, 2021

Pemosisian Strategi Branding Modern Firma Hukum

Strategi Branding Modern Firma Hukum – Industri hukum di Indonesia dapat dikatakan besar. Terdapat cukup banyak nama-nama profesional hukum yang sukses menjadi besar dengan firma hukum mereka. Persaingan sejatinya datang bukan hanya seputar para pemain lama. Bahkan setiap tahunnya secara signifikan perusahaan-perusahaan hukum baru berani untuk ikut berkompetitif.

Lantas bagaimana sebuah firma hukum dapat menonjol di antara ramainya persaingan. Rahasianya adalah menerapkan strategi branding usaha modern. Pelaku usaha harus bersikap kreatif, mau mengambil setiap kesempatan dan mengubahnya menjadi peluang.

Melalui artikel ini kita dapat mempelajari cara tepat meraih kesuksesan melalui strategi branding. Termasuk apa saja faktor yang perlu anda pertimbangkan dalam prosesnya. Katahui pula apa pentingnya membangun merek firma hukum ataupun memperbarui merek sebelumnya.

pemosisian branding modern firma hukumpemosisian branding modern firma hukum

Picture by Pinterest (creativemarket.com)

Strategi Branding Modern Firma Hukum

Strategi Branding Modern Firma Hukum – Mempertimbangkan proses pemosisian strategi branding firma hukum. Dapat anda lakukan lebih dahulu sebelum menetapkan simbol, jenis font, dan memilih patern warna pada logo. Langkah ini bisa di golongkan sebagai upaya untuk melakukan uji materi.

Pemilik firma hukum wajib menguji hingga tuntas seputar merek usahanya. Ketahui tentang apa yang nantinya akan merek sampaikan di pasar. Termasuk pesan seperti apa yang mampu menempatkan firma hukum di posisi strategis.

Dengan memposisikan strategi merek perusahaan, maka anda memperkecil ruang saingan di bidang ini. Pasalnya hampir semua firma hukum profesional memilih satu bidang tertentu. Dimana spesialisasi tersebutlah yang menjadi materi mereka menonjolkan diri.

Target pasar pun lebih mudah mengidentifikasi perusahaan yang jelas misi dan visinya. Cara yang cukup efektif untuk mempromosikan kemampuan dan keahlian anda sebagai badan hukum. Pilih beberapa layanan jasa yang anda yakin dapat menarik perhatian. Seperti layanan konsultasi gratis 24 jam online.

Agar strategi branding mencapai kesuksesannya. Di sarankan untuk meminimalisir aktivitas internal yang berpotensi menimbulkan masalah. Dengan begitu upaya anda memberikan servis hukum penuh dapat tercapai. Pastikan anda tidak membuat kekeliruan saat mengidentifikasi materis kompetitif. Termasuk memahami secara jelas apa yang dibutuhkan dan diinginkan klien.

Stategi merek lebih baik dibuat perencanaan berjangka. Misalkan anda membuat tabel perencanaan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Tentu saja perencanaan tersebut pakemnya tidak bisa dihilangkan. Tetapi sejumlah poin dapat disesuaikan melihat kondisi pasar dari tahun ke tahun.

Pembeda Merek Perusahaan Hukum

Memutuskan unsur pembeda antara merek perusahaan hukum anda dengan yang lain. Akan lebih efektif begitu anda selesai dengan topik spesialisasi area praktek kerja. Seperti keputusan menjadikan firma hukum menawarkan layanan jasa penuh atau hanya fokus pada area tertentu. Keputusan tersebut merupakan langkah awal yang membedakan firma anda dari pesaingnya.

Ketika anda mengambil keputusan sebagai firma hukum dengan servis jasa penuh. Maka target pasar akan meluas. Hal ini membawa sisi positif dan negatif pastinya. Sisi positifnya target klien menjadi lebih luas. Karena anda dapat menerima beragam kasus dari sejumlah aspek perkara. Sisi negatifnya, saingan menjadi lebih banyak. Perkara yang ditangani mungkin tidak sesuai harapan.

Sementara ketika anda memutuskan untuk mengambil praktik di bidang khusus. Maka klien lebih mudah menemukan firma hukum anda. Persaingan pun menjadi lebih mengerucut. Selanjutnya anda dapat fokus terhadap upaya mensukseskan strategi branding. Pembeda merek harus memiliki unsur unik, sehingga ingatan audiens tetap terpaku pada perusahaan anda meski lewat beberapa waktu.

Upaya Menyampaikan Pesan Utama Branding Firma Hukum

Stategi branding modern firma hukum selanjutnya adalah menentukan pesan yang hendak ditampilkan. Pesan dapat disampaikan melalui kalimat atau membangun reputasi. Sebelumnya sangat penting bagi profesional hukum mengetahui faktor pembeda utama baginya.

Jika anda belum memahami bagaimana cara memposisikan merek firma hukum di pasar. Rasanya teralu naif bila ingin beranjak ke proses penyampaian pesan utama. Pesan disampaikan dengan memenuhi unsur yang meraih dukungan emosi target. Termasuk menjelaskan tujuan publisitas perusahaan hukum.

Jika anda menangani kasus besar atau sebuah badan usaha dengan reputasi tinggi. Maka secara tidak langsung kredibilitas anda terpengaruhi reputasi klien tersebut. Pesan inti agaknya lebih efektif di tujukan per personal atau klien-klien indvidual. Oleh karenanya tahap pengembangan pesan inti harus terus disuarakan.

Apa maksud menyuarakan merek firma hukum? Posisikan firma hukum seperti individu yang mempunyai karakteristik kepribadian. Lantas pertimbangkan karakteristik kepribadian seperti apa yang berpotensi besar disukai target pasar anda. Putuskan materi pembicaraan yang nantinya anda sampaikan pada tim internal dan calon klien.

Beberapa contoh karakteristik firma hukum yang bisa anda suarakan sebagai pesan merek perusahaan.

  • Firma hukum berkarakteristik penuh kepedulian, perhatian, dan penyayang.
  • Firma hukum berkarakteristik agresif, memperjuangkan hak klien, dan keadilan.
  • Firma hukum berkarakterstik konsisten, rajin bekerja, berpemikiran jauh ke depan.

Ketiga hal tersebut merupakan contoh karakteristik perusahaan yang pesannya dapat anda suarakan. Proses ini merupakan tahap lanjutan dari strategi branding. Itulah mengapa pesan inti harus bisa diekspresikan dengan kalimat ataupun tampilan gambar.

Penggambaran Merek Firma Hukum

Menggambarkan merek firma hukum secara verbal (diucapkan) dan tertulis. Fokus strategi branding pada tahap ini adalah tembakan langsung ke ingatan klien. Artinya membuat khalayak langsung merujuk pada bisnis anda saat membicarakan atau membaca topik tertentu.

Penggambaran merek perusahaan hukum di zaman melek tekonologi. Tidak bisa mengabaikan peran penting internet search engine. Pencarian internet menggambarkan perusahaan melalui pengenalan tertulis. Pastikan pesan utama konsisten terbaca pada halaman depan link site firma hukum.

Menggambarkan perusahaan hukum lewat tampilan visual adalah upaya publikasi. Publikasi modern jelas berbeda dengan cara konvensional. Selain memasang iklan pada media sepeti TV, radio, dan surat kabar. Anda juga dapat memilih iklan video YouTube, sejumlah portal berita online, spanduk digital, pemasaran lewat email bisnis.

Apapun medianya tampak sah-sah saja, asalkan tidak meninggalkan unsur pesan utama. Hal ini merupakan upaya strategi branding menyuarakan  kesatuan utuh merek firma hukum. Konsistensi pencitraan brand dan pesan perusahaan harus menjadi fokus utama.

Buatlah konsep yang sesuai dengan segmentasi pasar. Tujuannya sudah pasti berkaitan dengan posisi firma hukum di pasaran. Kemudahan dalam membuat targeting pasar salah satunya berkat personafikasi klien.

Desain Logo Merek Perusahaan Hukum

desain logo merek perusahaan hukum

Picture by Pinterest (creativemarket.com)

Menjalankan bisnis dibidang apapun, kerap kali mengharuskan pelaku usaha membuat perubahan terhadap desain logo. Pada awal artikel sudah dijelaskan bila inovasi cepat atau lambat akan terjadi. Pakem atau unsur utama strategi branding tidak boleh di hapus total. Anda perlu mempertimbangkan informasi sebelumnya seperti segmentasi klien, suara dan pesan merek, memposisikan firma hukum.

Berhati-hati saat memilih atribut untuk logo, sebab pemilihan patern warna dan font mempengaruhi citra perusahaan. Sejumlah firma hukum memilih warna tenang,  yang tidak menyimbolkan artian provokatif diantaranya adalah biru, beige, dan merah marun. Disamping itu warna tenang membuat variasi tipografi lebih menonjol.

Anda dapat mencoba ide seputar kombinasi warna brand dan logo perusahaan. Dengan mengumpulkan sejumlah referensi merek kenamaan dari berbagai sektor usaha. Buat catatan seputar bagaimana merek tersuarakan pesannya, letak posisi usaha, serta perbedaan dari merek tersebut. Termasuk kombinasi warna seperti apa yang sesuai dengan sisi psikologis target pasar anda.

Strategi Branding di Luar Logo Perusahaan

Strategi Branding Modern Firma Hukum – Elemen yang mempengaruhi strategi branding di bagi menjadi dua kategori, yaitu implisit ( pesan inti, suara merek, posisi usaha) dan eksplisit (warna merek, jenis tipografi, logo). Pergunakan kombinasi tersebut sebagai kesatuan merek yang utuh. Hal ini juga berlaku pada tahap pembuatan kartu nama dan website.

Upaya rebranding merupakan langkah terakhir yang dapat anda pilih. Tidak masalah jika sepanjang sejarah, perusahaan melakukan maksimal dua kali perubahan menyeluruh. Karena firma hukum perlu mempertahankan posis dan pesan sebelumya.

Strategi branding yang lebih optimal adalah menyegarkan merek lama. Tidak mengganti merek, tetapi  membuat desain selalu modern sesuai pekembangan zaman. Terapkan harapan anda terhadap desain merek dan logo yang baru, sebelum memutuskan rebranding.

Perbedaan variasi logo harus mengedepankan fleksibilitas. Mulai dari material hingga media yang dipilih mempublikasikannya. Ukuran logo pada masing-masing media, komposisi tampilannya sudah pasti berbeda. Demikian pembahasan seputar strategi branding modern firma hukum kali ini, semoga membantu.

Read more: Mengenal 6 Elemen Penting Untuk Branding Firma Hukum

Submit a Comment