Image
Top
Menu
July 27, 2021

Intip Strategi Branding Gojek yang Dapat Meningkatkan Konsumen

Strategi Branding Gojek – Seperti yang kita ketahui, Gojek merupakan salah satu perusahaan yang dapat membantu penggunanya. Perusahaan ini menyediakan jasa transportasi sejak tahun 2011.

Kesuksesan yang diraih oleh Gojek dapat dilihat dari banyaknya pengguna aplikasi dan review yang diberikan. Secara tidak langsung, Gojek telah membuka banyak peluang pekerjaan untuk bisa bergabung menjadi driver Gojek. Selain itu, Gojek juga dapat membantu UMKM sekitar untuk lebih dikenal oleh masyarakat melalui jasa pesan makanan atau Go-Food.

Strategi branding Gojek bisa kita lihat perubahannya ketika perusahaan tersebut mengubah logo. Pada awalnya, Gojek menggunakan logo bergambar orang yang sedang mengendarai sepeda motor dan sinyal di atasnya. Kemudian, Gojek melakukan re-branding dengan mengubah logo tersebut menjadi “SOLV” dengan slogan barunya yaitu “Pasti ada Jalan”.

Dalam melakukan strategi branding, pemilihan makna atau filosofi juga sangat penting. Branding Gojek bukan hanya sebatas menyesuaikan perubahan yang telah berkembang saja. Terdapat beberapa makna yang harus disesuaikan agar logo tersebut dapat menjadi sebuah simbol dan harapan bagi perusahaan.

Mengenal Lebih Dekat Strategi Branding Gojek

strategi branding gojek

Sumber: detikiInet

Branding Gojek ini didasari oleh semakin banyaknya fitur-fitur yang disediakan oleh Gojek sehingga logo lama harus di ubah. Fitur-fitur tersebut dulunya hanya sebatas layanan jasa Go-Ride saja, atau jasa antar-jemput. Sedangkan saat ini, Gojek sudah menyediakan berbagai layanan dan akan mengusahakan untuk terus mewadahi berbagai stakeholder. Sehingga mengganti logo menjadi sebuah keharusan.

Layanan tersebut diantaranya adalah:

  • Jasa transportasi dan logistik (Go-Ride, Go-Car, Go-Send, Go-Box)
  • Jasa makan dan belanja (Go-Food, Go-Med, Go-Mart)
  • Jasa pembayaran (Go-Pay, Go-Bills, Go-Points, Paylater)
  • Jasa kebutuhan (Go-Life, Go-Massage, Go-Clean, Go-Auto)

Meskipun saat ini Gojek masih berumur 1 dekade, Gojek telah tumbuh menjadi raksasa bisnis berbasis aplikasi. Dalam strategi branding Gojek, tentu terdapat strategi marketing yang mendorong Gojek semakin dikenal oleh masyarakat. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

  1. Push Marketing Gojek

Strategi push marketing Gojek merupakan salah satu konsep dari public relations yang lebih fokus pada layanan jasa transportasi online. Strategi ini digunakan untuk menaikkan nilai tambah dan kepuasan pengguna aplikasi.

  1. Pull Marketing Gojek

Pull marketing ini merupakan strategi yang dapat menarik perhatian masyarakat berupa iklan dan promosi.

  1. Pass Marketing Gojek

Strategi yang terakhir ini bertujuan untuk menciptakan branding Gojek dengan kegiatan sosial dan mengikuti berbagai event di masyarakat.

Berdasarkan ketiga strategi public relations tersebut, terdapat strategi marketing Gojek lainnya yang dapat meningkatkan konsumen, diantaranya adalah:

  1. Pelayanan Terbaik

Memberikan sebuah pelayanan yang terbaik akan memberikan kesan yang baik untuk pelanggan. Bagi Gojek, pelanggan merupakan seorang rekan, team, bahkan seorang raja. Sehingga pelanggan pun akan merasa lebih nyaman dan diprioritaskan.

  1. Harga yang Pasti

Berbeda dengan ojek konvensional, Gojek telah memberikan harga yang pasti untuk segala jenis layanan yang telah disediakannya. Pengguna pun tidak perlu cemas terkait harga yang tidak sesuai dengan kantongnya.

  1. Menyesuaikan Kebutuhan Pasar

Branding Gojek ini sudah terlihat dari makna logo yang diberikannya. Gojek dirasa lebih peka terhadap kebutuhan pasar. Dimana semua orang yang membutuhkan sesuatu, Gojek akan memberikan layanan tersebut berbasis Aplikasi.

  1. Memperluas Sasaran

Target pasar yang direncanakan oleh Gojek ternyata dapat menjangkau seluruh golongan. Semua orang akan lebih mudah mendapatkan apa yang mereka mau dengan Aplikasi Gojek.

Read more: Mengenal 4 Tahapan Branding Perusahaan Agar Kuat & Menjual

Berdasarkan strategi branding Gojek tersebut, Anda dapat mengadopsinya sebagai inspirasi untuk bisnis Anda.

Apakah sudah tergambarkan bagaimana Anda akan melakukan branding pada bisnis Anda? Jika belum, melakukan riset terlebih dahulu atau mencari inspirasi branding lainnya dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman Anda terkait pentingnya melakukan sebuah branding. Setelah itu, mungkin Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan agensi branding terpercaya seperti Becakmabur untuk mendapatkan insight yang lebih luas dan tepat sasaran.

Submit a Comment

Posted By

Categories

branding