Image
Top
Menu
December 28, 2017

Langkah Langkah Branding Bisnis Start Up

Pada saat produk sudah diproduksi dan siap diluncurkan kepada publik, maka metode berikutnya yang sebaiknya dilakukan oleh startup yaitu branding atau mempromosikan ‘jati diri’ dari startup. Dan pastinya banyak metode yang dapat dilakukan guna menunjukkan brand dari startup. Dari mulai melancarkan kegiatan promosi dengan internal sampai memperkerjakan pihak luar. Misalnya saja agensi dalam mempercepat proses branding terutama untuk startup baru. Pada umumnya startup merupakan memulai sesuatu bisnis ataupun memulai bidang usaha. Orang yang mendirikan warung dalam berjualan juga bisa dikatakan sebagai startup. Akan tetapi, efek dari media sekarang ini menjadikan kata startup untuk sebuah tren dan menjadikan kesan “keren”. Berikut ini langkah langkah branding bisnis start up.

Tentukan target pasar

Untuk hal ini Demografi sangat penting, sebab guna menentukan target pasar yang Anda cari. Pada kalangan kantor, millenial, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, lakukan survei serta kumpulkan data selanjutnya cocokkan serta temukan target pasar yang pas untuk produk Anda. Sebaiknya jangan melakukan promosi atau branding ‘untuk semua’. Sebab hal ini mungkin kurang akurat serta tidak bisa memberikan efek yang baik pada produk serta brand startup Anda.

Pelajari brand dari kompetitor

Metode branding bisnis start up lain yang bisa dilakukan yaitu mempelajari brand dari kompetitor. Dari logo dan juga warna yang dipilih, target pasar yang diincar, kemudian pendekatan yang dikerjakan dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda tidak memberikan produk atau memberikan pendekatan yang serupa dengan kompetitor Anda. Pelajarilah dengan sebaik mungkin ambil esensi yang positif. Selanjutnya implementasikan pada brand startup Anda dengan metode yang lain.

Tampakkan keuntungan lebih

Dari awal tentukan kelebihan atau manfaat apa yang ingin Anda tampakkan yang pastinya menjadi perbedaan yang signifikan dengan kompetitor Anda. Seperti Anda ingin memberikan diskon, harga yang dinilai murah dari kompetitor, menariknya bonus dari kompetitor dan lainnya. Buatlah sebuah peluang yang menjadikan produk Anda tampil beda dengan produk kompetitor lainnya.

Posisikan Produk Anda sebagai ‘orang’

Pada saat menentukan brand yang tepat pastinya pilihan ada pada logo yang tepat sampai dengan warna yang sesuai. Akan tetapi cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan memposisikan brand Anda menjadi orang. Apabila perusahaan Anda sebagai orang, jenis kelamin yang sesuai apa ?  Tentukanlah dengan pas dan tepat sasaran. Dengan menempatkan brand Anda seperti halnya sebagai ‘orang’ dapat dijadikan pendekatan yang semakin personal untuk calon pelanggan Anda.

Apabila semua telah dipenuhi maka langkah berikutnya yaitu minta bantuan tenaga ahli. Dari konsultan logo sampai dengan agensi. Pastinya tetap menjadi prioritas untuk Anda pemilik startup supaya ikut serta pada proses pembuatan logo sampai dengan penerapan proses branding. Akan tetapi jika Anda ingin proses branding bisnis start up berjalan dengan lancar,anda bisa mempercayakan kepada kami tenaga ahli yang dapat membantu anda

Submit a Comment