Image
Top
Menu
June 23, 2020

Mengenal Strategi dalam Mengubah Bisnis Secara Digital

Dampak transformasi digital yang paling terasa bagi pelaku bisnis adalah membuka peluang bagi semua orang untuk membuka bisnis dengan lebih mudah. Sebagai gantinya, persaingan juga semakin ketat. Pemenangnya adalah bisnis yang menjawab kebutuhan konsumen atas kemudahan dan kecepatan. Bisnis platform digital di Indonesia berkembang dengan pesat karena mereka menjawab dua kebutuhan tersebut.

Strategi Transformasi Digital Yang Efektif Bagi Bisnis Anda

Meskipun dampak transformasi digital cenderung menjanjikan perubahan yang positif, tapi Anda tetap harus bijak dalam menentukan bagaimana caranya agar bisa menjalankan usaha bisnis dengan strategi transformasi digital yang tepat. Lantas strategi apa saja yang perlu Anda terapkan? Berikut ulasan selengkapnya..

Strategi transformasi digital

Image by fancycrave1 on Pixabay

 

  1. Gunakan aplikasi teknologi yang sesuai

Strategi transformasi digital yang perlu diperhatikan pertama kali adalah penggunaan teknologi. Jika sebelumnya Anda menawarkan produk dan bertransaksi dengan pembeli melalui pertemuan langsung, maka Anda perlu membuat produk Anda bisa diakses pelanggan secara online. Dengan melakukan transformasi digital, seharusnya calon pelanggan tidak perlu datang ke toko Anda untuk membeli produk, melainkan cukup melalui marketplace atau menghubungi Anda melalui kontak online maupun akun media sosial Anda. Transaksi pun bisa Anda alihkan dengan menyediakan rekening transfer maupun aplikasi dompet elektronik. Pada intinya, Anda perlu menggunakan aplikasi yang tepat agar produk Anda dapat diakses pelanggan dengan mudah dan cepat.

Anda juga perlu mencatat transaksi. Dengan bantuan perangkat lunak yang tersedia di komputer maupun smartphone, seperti Ms. Excel atau pun aplikasi pencatatan transaksi lain, Anda bisa membuat catatan yang rapi. Dengan ini, detail transaksi dapat dilacak dan Anda lebih mudah melakukan evaluasi dengan data transaksi yang Anda kumpulkan.

  1. Manfaatkan media sosial

April 2020, dilaporkan oleh napoleoncat.com, 65 juta lebih penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram dan sebanyak lebih dari 150 juta menggunakan Facebook. Sekitar 30% di antara jumlah tersebut setiap harinya menggunakan salah satu atau kedua media sosial tersebut untuk berinteraksi. Artinya jika Anda mempromosikan produk di media sosial, produk Anda akan bisa dilihat oleh banyak orang yang berasal dari mana saja. Peluang produk Anda dikenal jauh lebih besar dibandingkan ketika Anda menawarkan produk Anda dengan cara konvensional.

Dampak transformasi digital

Image by Gerd Altmann on Pixabay

  1. Membangun konten untuk menarik calon pelanggan

Karena media sosial banyak digunakan untuk berinteraksi, maka umumnya orang akan malas melihat postingan yang secara langsung menawarkan produk untuk dibeli. Pengguna media sosial berbeda dengan orang-orang yang sengaja datang ke pasar atau swalayan untuk membeli kebutuhan. Mereka adalah pengguna yang membuka media sosial mereka untuk berbagai tujuan: berbagi kabar/cerita tentang aktivitas mereka, ingin mengetahui aktivitas orang lain, berinteraksi dengan sesama pengguna, dan lebih banyak lagi yang hanya sekedar kebiasaan dan mengisi waktu luang.

Untuk menarik perhatian pengguna media sosial yang datang dengan berbagai tujuan agar melirik produk Anda, konten yang kreatif adalah kuncinya. Anda bisa membuat konten dalam berbagai bentuk seperti  foto, video, audio, dan tulisan (caption) untuk mempromosikan produk. Konten yang berkualitas dan kreatif akan membuat pengguna media sosial akan berhenti menggulirkan tampilan layarnya untuk melihat postingan Anda lebih jelas.

  1. Manfaatkan jasa agensi digital marketing

Membuat konten yang kreatif pun memerlukan cara tersendiri. Anda harus memperhatikan karakteristik media sosial yang Anda gunakan: fitur apa saja yang disediakan media sosial, bagaimana caranya agar produk Anda muncul di deretan rekomendasi paling atas, kapan pengguna paling banyak aktif, dan isu apa yang sedang paling banyak dicari di media sosial yang bersangkutan.

Sejumlah poin di atas harus menjadi pertimbangan dalam penyusunan konten. Namun setiap data tentang poin-poin di atas cepat sekali berubah dari waktu ke waktu akibat tingginya dinamika interaksi di media sosial. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan lebih banyak waktu dan energi untuk menganalisis data-data tersebut. Risikonya produksi dan pelayanan pelanggan bisa jadi terabaikan, padahal di situlah inti dari bisnis Anda.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa bisa menghubungi agensi digital marketing. Agensi tersebut biasanya meliputi orang yang ahli di bidang pemasaran online. Mereka bisa membantu Anda dalam hal branding, search engine optimization (SEO), periklanan digital, manajemen media sosial, dan sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran secara digital. Dengan menggunakan jasa agensi digital marketing, Anda bisa fokus pada produksi dan pelayanan pelanggan.

agensi digital marketing

Image by Thomas Ulrich on Pixabay

  1. Aktif dalam berinovasi

Strategi terakhir adalah aktif berinovasi. Teknologi digital berubah cepat seiring perilaku penggunanya. Strategi yang bulan ini dianggap efektif bisa jadi di bulan depan sudah tidak lagi relevan untuk digunakan. Persaingan produk pun berlangsung sengit. Banyak produk baru yang mengincar pasar yang sama dengan Anda bermunculan setiap harinya. Mau tidak mau Anda harus mengikuti perubahan tersebut, bahkan selangkah di depan.

Inovasi bisa dilakukan baik dalam hal penggunaan teknologi, peningkatan produk, maupun kapasitas sumber daya manusianya. Anda harus tahu informasi terkini tentang teknologi yang bisa membantu usaha Anda dan menggunakannya untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Produk Anda juga harus bisa terus menjawab kebutuhan pelanggan yang berganti-ganti. Keduanya memerlukan inovasi dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang mengoperasikan baik teknologi maupun produksi.

Related post: Mengapa Bisnis Membutuhkan Transformasi Digital

Dari kelima poin di atas, dapat disimpulkan bahwa Anda harus memiliki pola pikir digital. Utamakan kemudahan dan kecepatan dalam melayani pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan bantuan teknologi digital. Selain itu inovasi adalah sebuah kewajiban untuk bisa terus menjawab kebutuhan pelanggan melalui produk. Dan melalui pemasaran digital, Anda memastikan informasi tentang produk Anda sampai kepada pelanggan yang membutuhkan. Gunakan bantuan dari agensi digital marketing profesional agar dapat berkonsultasi lebih lanjut demi mendapatkan strategi yang paling tepat bagi bisnis Anda.

Submit a Comment