Image
Top
Menu
June 22, 2020

Mengapa Bisnis Membutuhkan Transformasi Digital?

Dalam ekonomi digital, kompetisi semakin ketat dengan banyaknya bisnis-bisnis baru bermunculan. Entry barrier atau batas masuk ke dalam dunia bisnis hilang dengan kemudahan sebuah bisnis untuk mengekspos dirinya ke pasar. Misalnya sebuah usaha pakaian kini tidak perlu memiliki butik atau toko di pinggir jalan, bahkan tidak perlu toko samasekali. Dengan membuat toko online, usaha pakaian tersebut bisa diakses oleh banyak pengguna internet yang menjadi pembeli potensialnya.

Apa Saja Contoh Transformasi Digital Yang Populer di Masyarakat?

Definisi toko yang sebelumnya kita pahami sebagai tempat berjual beli dimana pembeli dan penjual bertemu secara langsung telah berubah. Dalam hal ini secara domain, toko telah bertransformasi secara digital menjadi toko online. Marketplace, sebuah platform yang mempertemukan toko online dengan pembeli juga berkembang pesat di Indonesia. Contoh tranformasi digital lain adalah e-wallet atau dompet digital. Masyarakat di kota kini setidaknya memiliki salah satu dari platform pembayaran online seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, yang mendorong pengguna untuk beralih ke transaksi non-tunai.

 Inilah Manfaat Transformasi digital Bagi Bisnis Anda

Selain contoh transformasi digital yang sudah disebutkan di atas, banyak peluang dari transportasi digital yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah bisnis. Berikut ini 4 manfaat transformasi digital bagi jalannya sebuah bisnis.

Contoh Transformasi Digital

Image by StartupStockPhotos on Pixabay

  1. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Manfaat transformasi digital dalam perangkat produksi membantu meningkatkan produktivitas di segala aspek. Manajemen data seperti pengumpulan (data mining) dan analitik jadi lebih mudah dilakukan. Hasil didapatkan secara lebih cepat dan efisien sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan.

Dalam proses rekrutmen karyawan misalnya. Transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan lamaran yang dikirim calon karyawan melalui formulir online yang terintegrasi. Setelahnya tim rekrutmen atau HR dapat lebih mudah menyortir data calon karyawan sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan sebelum melakukan proses rekrutmen berikutnya. Proses rekrutmen menjadi lebih efisien: hemat waktu, biaya, dan hasilnya tepat sasaran.

Contoh lain dari manfaat transformasi digital dalam bisnis adalah peluang untuk mengembangkan model bisnis baru. Bisnis yang dikelola secara digital dapat berinovasi secara cepat. Gojek awalnya hanya platform aplikasi yang menghubungkan driver ojek dengan penumpang, namun seiring waktu bisnisnya berkembang ke layanan-layanan lain. Bahkan sistem pembayarannya, Gopay, bertransformasi menjadi bisnis layanan dompet digital yang benar-benar dikelola sebagai bisnis yang berbeda dari Gojek.

Manfaat transformasi digital

Image by Gerd Altmann on Pixabay

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Manfaat transformasi digital selanjutnya yang paling terasa adalah meluasnya jangkauan pasar. Hal ini sangat berpengaruh hingga level usaha mikro. Sebuah produk makanan kemasan yang diproduksi rumahan di sebuah desa bisa mendapatkan pembeli dari luar kota, bahkan luar pulau, jika produk tersebut dijual secara online dan mendapatkan promosi yang tepat.

Bagaimana mempromosikan sebuah produk secara online? Selain media sosial, mesin pencarian seperti Google juga menawarkan kesempatan bagi promosi produk, misalnya menggunakan aplikasi Google Bisnisku (Google Business). Tidak semua orang memahami bagaimana mengoptimalkan sosial media dan mesin pencarian di internet untuk promosi dan mendapatkan pelanggan baru. Namun demikian, promosi online sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Dalam hal ini, jasa digital marketing mengambil peran yang signifikan. Pemilik bisnis, baik masih skala kecil maupun besar bisa berkonsultasi dan memperoleh layanan promosi digital untuk mengembangkan bisnisnya.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Penggunaan teknologi digital dalam bisnis dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara memberi mereka pengalaman bertransaksi yang menyenangkan. Cara pemasaran utama yang tidak terkalahkan hingga saat ini adalah melalui word of mouth (WoM) atau rekomendasi dari pelanggan. Agar pelanggan mau merekomendasikan bisnis kita kepada rekan atau orang lain, ia harus merasakan kepuasan baik dari segi produk maupun layanan.

Kepuasan dapat diberikan melalui kualitas produk yang baik, penetapan harga yang tepat, kemudahan akses informasi produk, pelayanan yang ramah, pengiriman yang tepat waktu, dan responsif terhadap keluhan. Banyaknya aspek kepuasan pelanggan akan sulit ditangani apalagi ketika jumlah pelanggan semakin banyak. Di sini digitalisasi pelayanan sangat bermanfaat untuk melayani pelanggan (customer service) dan meneruskan keluhan ke divisi yang tepat.

Jasa Digital Marketing

Image by William Iven on Pixabay

  1. Mengurangi risiko bisnis

Data yang tercecer dan tidak dikelola dengan baik membuka peluang adanya penyalahgunaan dan kecurangan dalam bisnis. Digitalisasi bisnis mengurangi kecurangan melalui otomasi dalam sistem yang secara otomatis dapat menghitung dan melacak transaksi dengan tepat. Penipuan atau fraud sering terjadi khususnya di bisnis yang menyediakan layanan umum. Penipuan menjadi ancaman yang sering ditemui saat kita tidak bisa melakukan validasi informasi.

Risiko lain yang sering mengancam sebuah bisnis adalah spekulasi pergantian kondisi pasar. Sebuah usaha atau bisnis dapat memprediksi perubahan kondisi pasar melalui analisa data yang tepat. Alhasil, ia bisa menghindari adanya kelebihan stok, pembelian material yang tidak efisien, bahkan meningkatkan keuntungan jika mampu memprediksi waktu yang tepat untuk menjual produknya.

Related post: Pentingnya Memahami Apa Itu Transformasi Digital

Transformasi digital merupakan proses yang berlangsung multidisiplin. Penggunaan teknologi dalam transformasi digital harus dibarengi dengan kapasitas sumber daya manusia yang menggunakannya. Dengan menggabungkan dua hal tersebut, sebuah bisnis dapat mengambil peluang-peluang besar yang terbuka berkat transformasi digital. Selain karena banyaknya manfaat yang diberikan, transformasi digital menjadi sangat perlu. Khususnya di masa sekarang ketika hampir semua aspek kehidupan kita bersentuhan dengan teknologi digital.

Mengetahui contoh transformasi digital sudah, mencari tahu manfaat transformasi digital pun sudah. Tapi mungkin masih ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang ingin Anda tanyakan. Maka dari itu, jangan ragu untuk menghubungi jasa digital marketing terpercaya untuk bisa berkonsultasi secara profesional dan lebih detail.

Submit a Comment