Image
Top
Menu
July 29, 2021

5 Strategi Global Branding untuk Bisnis Anda

Peluang melakukan global branding saat ini sudah terbuka lebar. Perkembangan teknologi yang kian hari semakin tinggi, membuat para pebisnis mencoba untuk meningkatkan strategi digital marketing.

Global Branding adalah upaya yang dilakukan menyangkut standarisasi dari bisnis Anda. Brand yang dipasarkan secara global memiliki definisi yang berbeda dengan local brand pada umumnya. Perbedaan tersebut dapat dicirikan berdasarkan empat hal yang berbeda, yaitu original local brands (merek lokal yang dimiliki oleh perusahaan lokal), Quasi local brands (merek lokal namun dimiliki oleh perusahaan asing), Acquired local brands (merek dari negara lain yang dimiliki oleh perusahaan lokal), dan Foreign brands (merek dari negara lain dan dimiliki oleh perusahaan asing).

Global Branding adalah

Sumber: pexels.com

Mengenal Strategi Global Branding di Dunia Bisnis

Untuk membangun sebuah brands yang dapat dikenal secara global, hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan segmentasi pasar, targeting, dan positioning. Lalu bagaimana caranya? Berikut lima strategi yang paling dasar untuk membuat brand bisnis Anda dapat menjangkau pasar!

  1. Pahami Konsumen

Setiap orang di bumi ini memiliki preferensi atau kebudayaan yang berbeda. Menurut Barbara E. Kahn yang mengutip kesalahan dari Walmart yaitu ketika melakukan segmentasi pasar. Maksudnya adalah, penempatan lokasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Hal ini dapat dilihat ketika Walmart yang merupakan pusat perbelanjaan di China terletak di sekitar kawasan industri, sedangkan konsumen akan lebih sering berbelanja di swalayan yang berada di kawasan pemukiman atau dekat dengan rumah mereka.

Oleh karena itu, untuk membangun global branding Anda harus menyesuaikan dengan local culture di tempat tersebut.

  1. Integrated Marketing Communication (IMC)

Strategi kedua yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan pemasaran secara global yaitu dengan menggaet banyak mitra melalui sponsorship, public relations (PR), merchandising, dan yang lainnya. Hal ini dapat berguna agar konsumen lebih aware terhadap brand kita walaupun dengan perantara kemitraan.

  1. Brand Partnership

Anda juga dapat melakukan kerja sama dengan beberapa instansi di berbagai negara untuk mendapatkan perlindungan paten. Global branding biasanya akan lebih berhasil jika proses kolaborasi ini berjalan dengan lancar. Namun, Anda juga perlu melakukan kontrol yang ketat terhadap setiap proses branding yang sedang berjalan.

  1. Brand Guidelines

Satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap pebisnis yaitu buku panduan. Brand guidelines akan berfungsi sebagai referensi bagi setiap marketers yang ada di wilayah berbeda untuk lebih paham tentang brand nya. Selain itu, dengan adanya panduan ini dapat menciptakan global branding yang lebih konsisten sebagai proses dari positioning produk di hati konsumen.

Guidelines ini biasanya mencangkup brand element yang terdiri dari logo, maskot, jenis tulisan, karakteristik suara, dan lain sebagainya.

  1. Pahami Peluang dan Kompetitor

Memahami kompetitor memang diperlukan, asal Anda tidak terlalu fokus kepadanya. Fokus lah kepada keunggulan dari brand Anda. Pahami setiap peluang yang akan Anda dapatkan jika kualitas dari produk Anda semakin ditingkatkan. Dengan melihat kompetitor, Anda harus melakukan inovasi agar brand Anda memiliki sifat yang sangat berbeda dan juga unik. Strategi ini penting agar dapat meningkatkannilai tambah pada brand Anda.

Read more: Branding Agency Sebagai Bagian Pengelolaan Brand Perusahaan Anda

Itulah lima strategi yang dapat Anda lakukan. Jika kita ingin membangun sebuah brand yang mendunia, perlu pendekatan yang berbeda-beda. Dengan memahami perilaku konsumen, kebijakan, kompetisi dan peluang, serta hal lainnya yang menurut Anda merupakan challenge terbesar dalam menjalankan bisnis Anda.

So, tunggu apalagi? bangun branding bisnis Anda bersama Becakmabur sekarang juga!

Submit a Comment