Image
Top
Menu
July 28, 2012

Advertising Agency: Pilihlah yang Handal

Dengan semakin berkembangnya creative agency Indonesia, dapat diketahui bahwa iklan sudah menjadi inti dari sebuah brand building dan marketing perusahaan. Hal ini karena kompetisi yang semakin besar dan memunculkan kebutuhan untuk membuat merek produk atau jasa sebuah perusahaan terlihat lebih unggul. Tentu saja mewujudkan hal semacam ini tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membuat iklan dengan cara yang efektif, sebuah advertising agency pertama-tama harus mengetahui seluk beluk bisnis perusahaan yang menggunakan jasa mereka. Para agensi iklan haruslah ahli media yang memiliki kreativitas dan pengetahuan yang luas tentang tren industri dan berbagai metode promosi. Sebuah biro iklan yang terpercaya sewajarnya memungkinkan pengiklan untuk memperkenalkan merek mereka tidak hanya pada platform regional, tetapi juga pada platform nasional atau bahkan internasional, sesuai dengan lingkup target market yang mampu dijangkau.

 Mencari Advertising Agency Yang Handal

Para pengiklan (advertiser) harus memiliki beberapa pedoman, sebelum membuat pilihan akhir kepada sebuah biro iklan yang tepat. Pencarian untuk agensi tidak harus terbatas pada geografis. Meskipun dulu perusahaan iklan lebih banyak ditemukan di ibukota, tapi sekarang di kota-kota bisnis yang lebih kecil seperti Semarang dan Surabaya juga sudah banyak ditemukan agensi iklan profesional. Saat ini, metode yang efektif untuk berkomunikasi dan bekerja dalam koordinasi memungkinkan perusahaan iklan untuk bekerja sama dengan klien mereka. Selain itu, calon agensi iklan tidak harus disaring/seleksi (bahasa umum para agensi adalah pitching) menurut ukuran mereka. Pertimbangannya adalah efisiensi pada pengiklan maupun agensi yang diminati, dan tentu saja tidak memakan waktu lama. Namun demikian, para pengiklan harus menjaga pilihan mereka tetap terbuka lebar, dan tidak hanya mempertimbangkan pengalaman (portfolio) tetapi juga konteks pemahaman agensi iklan terhadap objektif yang dihadapi. Ya, karena pemahaman insight / objective pengiklan jauh lebih penting jika dibanding portfolio yang menonjolkan sisi craft-nya. Sedikit wawancara dapat memperjelas agensi mana yang handal untuk mengerjakan iklan tersebut.

Memahami Hasil Kerja Advertising Agency

Para pengiklan juga harus menekankan pada karya presentasi dari biro iklan pilihan mereka, dengan tetap menganalisis kinerja biro iklan dengan analisis yang mendalam. Ingat bahwa hasil kinerja diatas kertas saja tidak dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan, terkadang firasat juga memiliki banyak andil dalam melakukan seleksi. Sebelum memilih, kita harus memiliki gagasan yang jelas tentang jenis biro iklan yang dibutuhkan, apakah akan digunakan untuk membuat produk iklan atau hanya untuk perencanaan strategis. Pencarian biro iklan yang tepat juga bisa dilakukan dengan memperhatikan produk iklan yang beredar di pasaran. Cari produk iklan yang dirasa cocok, kemudian temukan agensi iklan yang membuat iklan tersebut. Untuk iklan televisi nasional, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan jika mencarinya di Jakarta. (Ic/Wb)

Submit a Comment