Image
Top
Menu
June 9, 2017

Peran Penting Public Relation Bagi Pelaku Usaha di Provinsi Jawa Tengah?

Pengertian Public Relation (PR) atau Hubungan Masyarakat adalah menciptakan, mengelola komunikasi/informasi dan memberikan informasi kepada masyarakat melalui mass-media (media cetak, media elektronik, online). PR menciptakan opini publik serta pembujukan langsung terhadap masyarakat untuk mengubah sikap/persepsi dan tindakan pada suatu isu/publikasi.

Menurut Edward L. Bernays – Pakar PR, bahwa PR memberikan penerangan/informasi kepada masyarakat. Kedua, pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan dan ketiga, usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.

Seperti kita ketahui, pada umumnya hampir semua perusahaan/organisasi kelas dunia memiliki PR Department dan menjalankan program-program PR yang komprehensif dan terintegrasi, seperti Coca-cola, Microsoft, Google, International Monetary Fund (IMF), Citibank, Mc Donald’s, Samsung, Intel, Pinterest.com, 3Com, Oracle, NComputing dan lainnya. Mereka melakukan program PR tidak hanya secara lokal, tetapi secara global, sekaligus membangun reputasi dan image pada publik. Pada umumnya perusahaan kelas dunia menggunakan (hire) jasa konsultan PR untuk mendukung dan melakukan program PR mereka.  Secara tidak sadar kita pasti pernah membaca salah satu artikel atau publikasi perusahaan-perusahaan kelas dunia di media.

public relation vs advertising

sumber gambar: https://www.flick*r.com/photos/kdrzpnr/4683304962

Bagaimana Public Relation bagi para pelaku usaha di Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Tengah?  Kebanyakan perusahaan di Indonesia tidak ingat atau tidak aware akan pentingnya peran PR untuk mendukung reputasi perusahaan/organisasi. Tidak semua perusahaan/organisasi di Indonesia memiliki program PR yang terencana dan terintegrasi, walaupun mereka sudah memiliki internal PR Department.  Kebanyakan perusahaan melakukan program PR secara internal, serta hanya mengandalkan Advertising atau Sales Force untuk meningkatkan penjualan/kinerja perusahaan. Jadi Public Relation sangatlah penting bagi suatu perusahaan/organisasi, karena dibutuhkan publikasi (news coverage) yang terencana dan terarah di media agar perusahaan tersebut memiliki kredibitilas  keakuratan informasi kepada public dan top of mind di mata masyarakat yang positif.

Agency Konsultan PR Lokal Semarang – Jawa Tengah: Pemahaman Mendalam Masyarakat Lokal

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, industri konsultan PR di Indonesia sudah berkembang. Banyak perusahaan skala nasional di Indonesia yang menggunakan jasa konsultan PR, baik konsultan PR asing maupun lokal.

Agensi Konsultan PR hingga saat ini masih terfokus dan terus tumbuh hanya di Kota Jakarta bukan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah khususnya di Kota Semarang, Jawa Tengah sudah saatnya para pelaku usaha mulai melirik kepada agensi Konsultan PR untuk merencanakan, mengelola dan mengeksekusi program PR perusahaannya. Ketatnya persaingan pasar global yang terus tumbuh khususnya dalam hubungan bisnis/perdagangan mendorong suatu perusahaan untuk melakukan aktivitas PR bagi perusahaannya, tidak hanya dalam skala nasional tetapi pada skala global.

Sebagai contoh, salah satu pelaku usaha yang berlokasi di Kota Semarang melakukan merger dengan salah satu perusahaan asing ataupun melakukan PR program secara lokal maupun nasional/Corporate PR atau lainnya, dimana PR Program harus direncakan dan dilakukan secara intergrasi yang disiapkan oleh pihak Agensi Konsultan PR agar seluruh komunikasi suatu perusahaan dapat terdistribusi dengan tepat dan terarah. Beberapa aktivitas yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan seperti press conference, media relations, media monitoring, exclusive interview bahkan menangani Crisis Management serta CSR PR (Corporate Social Responsibility-PR). Biasanya para agensi Konsultan PR menawarkan jasa konsultasinya yang mencakup pada:

  • PR Korporasi (Corporate PR)
  • PR Gaya Hidup (Lifestyle PR)
  • Automotive/Motorsports PR
  • Hotel/Restaurant PR (F&B/Hospitality PR)
  • Entertainment PR
  • Social Media PR
  • Hubungan dengan Media (Media Relations)
  • Manajemen Krisis (Crisis Management)
  • Personal Branding

Apakah di Kota Semarang sudah ada local Agensi Konsultan PR?

Jawabannya, sudah ada.

Di Kota Semarang saat ini, Becakmabur memiliki divisi barunya, yakni Becakmabur PR yang dapat memberikan konsultasi serta memberikan solusi kepada para pelaku usaha khususnya program PR yang harus dilakukan dengan terencana dan sesuai dengan goal yang diinginkan oleh suatu perusahaan. Bagaimana dengan perusahaan Anda? Apakah perusahaan/organisasi Anda sudah memiliki progam PR? Silakan hubungi kami untuk membuat janji dan berdiskusi lebih lanjut.

Oleh Rudi Mansyah
Praktisi dan Konsultan PR
Senior PR Consultant – Becakmabur PR

Submit a Comment