Image
Top
Menu
September 18, 2017

Pengertian Customer Acquisition Cost dan Cara Mengoptimalkannya

Customer Acquisition Cost

Apakah Anda orang yang berperan dalam aktivitas pemasaran di bisnis Anda? Tentu mendapat sebanyak mungkin kustomer dengan jumlah pembelian maksimal adalah capaian bernilai tinggi bagi Anda. Lalu seberapa besar upaya Anda dalam mendapatkan kustomer berkualitas? Tentu bermacam cerita dan berbeda-beda untuk satu bisnis dengan bisnis lainnya. Nah, dalam artikel ini, kami ingin berdiskusi dengan Anda mengenai biaya yang dikeluarkan bisnis untuk mendapatkan kustomer, atau biasa disebut dengan Customer Acquisition Cost (CAC).

Menurut wikipedia dijelaskan bahwa Customer Acquisition Cost adalah biaya yang terkait dalam upaya meyakinkan pelanggan untuk membeli produk / jasa. Biaya ini dikeluarkan oleh organisasi untuk meyakinkan calon pelanggan. Biaya ini termasuk biaya produk serta biaya yang termasuk dalam biaya penelitian, pemasaran, dan aksesibilitas. CAC termasuk metrik bisnis yang penting dan memainkan peran utama dalam menghitung nilai pelanggan terhadap perusahaan serta akuisisi hasil laba atas investasi (ROI). Perhitungan penilaian pelanggan membantu perusahaan menentukan berapa banyak sumber dayanya dapat digunakan dengan menguntungkan bagi pelanggan tertentu. Secara umum, pengukuran CAC akan membantu menentukan nilai pelanggan ke perusahaan.

Pengetahuan Dasar Tentang Branding

Customer Acquisition Cost (disingkat CAC) mengacu pada sumber daya yang harus dialokasikan oleh bisnis (finansial atau lainnya) untuk mendapatkan pelanggan tambahan. Secara numerik, biaya akuisisi pelanggan biasanya dinyatakan sebagai rasio – membagi jumlah total CAC dengan jumlah tambahan pelanggan yang diakuisisi oleh bisnis sebagai hasil strategi akuisisi pelanggan.

sumber: wikipedia

Menghitung Customer Acquisition Cost: Mudah

Menghitung customer acquisition cost (CAC) cukup sederhana. Bagilah total biaya perolehan pelanggan (biaya marketing) Anda dengan jumlah pelanggan baru yang dihasilkan selama jangka waktu tertentu.

Saat menghitung CAC, ingatlah berbagai faktor:

  • Biaya yang terkait dengan semua kampanye pemasaran
  • Gaji Karyawan Pemasaran dan Penjualan
  • Perangkat lunak penjualan dan pemasaran yang membantu pertumbuhan pelanggan
  • Layanan profesional atau kontraktor luar dipekerjakan
  • Biaya terkait lainnya yang terkait dengan pemasaran

Apa Arti Metrik CAC Bagi Bisnis Anda

Seperti dijelaskan diatas, Metrik CAC sangat penting, khususnya bagi 2 pihak: perusahaan dan investor. Investor akan menggunakan metrik ini untuk menganalisa skalabilitas (seberapa mampu membesarkan skala bisnis) bagi perusahaan. Investor mampu menentukan profitibilitas perusahaan dengan meneliti perbedaan antara seberapa besar uang dapat dihasilkan dari kustomer dan seberapa besar biaya untuk mendapatkannya.

menghitung CAC

Pihak lainnya dalam membaca metrik adalah perusahaan khususnya bagian operasional atau marketing. Bagian ini menggunakan metrik CAC untuk mengoptimalkan hasil dari investasi iklan yang telah dikeluarkan. Dengan kata lain, jika biaya dalam mendapatkan uang dari kustomer dapat dikurangi, pendapatan perusahaan meningkat dan keuntungan akan semakin besar.

Cara Mengoptimalkan CAC

dilansir dari sumber ini

1. Fokuskan upaya akuisisi Anda pada segmen pelanggan yang lebih spesifik dan tertarget. Semakin tajam Anda mengidentifikasi titik yang sangat spesifik, semakin mudah memasarkan solusi bisnis Anda. Dengan kata lain, semakin target prospek Anda yang lebih spesifik, semakin efisien penargetan Anda.

2. Menjadi tokoh/rujukan kompetensi tertentu melalui konten digital. Aktivitas ini memudahkan Anda dalam meningkatkan jumlah lead/potensi kustomer tanpa mengeluarkan uang khusus pada marketing tradisional seperti iklan atau event.

3. Bagilah tim penjualan kedalam unit spesialis. Spesialisasi menjadikan perusahaan fokus dan meningkatnya kemampuan. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan berkembang perlu membangun tim khusus seperti tim sales counter, tim angoutbond sales, tim big customer sales, atau tim account representative untuk aktivitas upselling.

4. Investasi pada peningkatan kualitas produk. Fokus pada pengembangan produk dan desain dengan mengacu pada kebutuhan maupun kebutuhan spesifik satu atau dua segmen sesuai targeting Anda. Perlu diingat, bukan soal apa yang dimiliki produk Anda, namun bagaimana kostumer menggunakannya.

Advertising Agency Indonesia dan Layanan yang Diberikannya

5. Jadikan Kostumer Anda Fans. Mengapa disebut fans, karena kostumer tipe ini mau dan dengan senang hati merekomendasikan produk/layanan Anda ke lingkungan disekitarnya. Adakan gathering tahunan bagi kustomer dimana mereka dapat menceritakan pengalaman menggunakan produk Anda. Buatlah video dan sebarkan melalui media baik social media maupun media lainnya untuk menjangkau lebih banyak orang.

Closing Statement

Nah, Anda telah mengetahui mengapa CAC penting dan bagaimana mengoptimalkannya, pastikan perusahaan Anda memiliki CAC yang baik agar tumbuh membesar lebih cepat. Tentu masih ada banyak sekali metriks penting lainnya yang harus dimiliki perusahaan. Dengan kemampuan membaca dan menganalisa metrik tersebut, setidaknya Anda faham apa yang harus dilakukan untuk bisnis Anda. Kebutuhan Konsultan Marketing di Semarang – Jawa Tengah

Submit a Comment

Posted By

Categories

Marketing

Tags